Rembug Stunting Desa Karangsari Tahun 2024

Karangsari-Sulang | 12 Juli 2024 10:33:54 | Berita Lokal | 168 Kali

Karangsari, Jum'at 12 Juli 2024 bertempat di Balai Desa Karangsari telah diselenggarakan Rembug Stunting yang mana para narasumber dan peserta meliputi dari Bapak Arief Dwi Sulistya, SSTP, M.Si selaku Camat Sulang, Bapak Sholeh, S.KM selaku perwakilan dari Puskesmas Sulang, perwakilan dari Pokja 4 PKK Kecamatan Sulang, perwakilan dari PLKB Kecamatan Sulang, perwakilan dari Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Sulang, serta Pendamping Desa dan juga Pendamping Lokal Desa ikut serta dalam meramaikan rembug Stunting di Desa Karangsari sedangkan peserta dari unsur masyarakat Desa Karangsari seperti Bidan Desa, Kader Pembangunan Manusia (KPM), Kader Posyandu Desa Karangsari, Kader PPKBD dan Sub PPKBD, Kader TPK dan dari Lembaga Desa seperti Perwakilan BPD Desa Karangsari.

Acara dibuka oleh Bapak Suripto selaku Kepala Desa Karangsari dan dilanjutkan Sambutan oleh Bapak Camat Sulang. Dalam sambutanya, Pak Camat menyampaikan kondisi stunting yang ada di Desa Karangsari, yaitu jumlah Balita per bulan Juni 2024 sebanyak 149 anak dan jumah Balita yang mengalami Stunting sebanyak 34 anak. kondisi tersebut harus diperbaiki salah satunya dengan cara berkoordinasi dengan lintas sektoral melalui instansi-instansi terkait salah satunya dengan Rembug Stunting seperti saat ini. Selain dari pada itu beliau juga menyampaikan penaggulangan stunting harus dilakukan melalui beberapa tahapan seperti pendidikan pranikah bagi para remaja, memperhatikan usia menikah, yang mana usia minimal menikah adalah 19 tahun, melakukan penyuluhan bagi ibu hamil, memperhatikan dan merencanakan usia ibu saat hamil serta melaksanakan program Keluarga Berencana (KB) untuk memperhatikan jarak usia anak dan jumlah anak (2 cukup), pelaksanaan Posyandu lebih diperhatikan dan diupayakan kepada para Balita untuk setiap melaksanakan timbangan setiap bulan dan diharapkan ada kenaikan berat badan stiap bulanya, dan agar supaya para kader Posyandu ketika Pemberian Makanan Tambahan (PMT) memperhatikan kandungan gizi nya.

Setelah Sambutan Bapak Camat, acara dilanjukan dengan pemaparan materi dari Kader Pembangnan Manusia (KPM), yang mana KPM itu sendiri adalah warga masyarakat desa yang dipilih melalui musyawarah desa untuk bekerja membantu Pemerintah Desa dalam memfasilitasi masyarakat desa dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengawasi pembangunan Sumber Daya Manusa di Desa. Tugas utama dari kader KPM itu sendiri adalah memantau serta mengawasi keadaan/ kondisi stunting yang ada di Desa dengan menyusun laporan  keadaan ibu hamil, calon pengantin, dan kondisi Balita serta menginput aplikasi eppgbm dan e-hdw.

Selanjutnya pemaparan dari Bidan Desa mengenai kondisi stunting yang ada di Desa Karangsari saat ini, yang mana stunting itu sendiri adalah kondisi yang ditandai dengan kurangya tinggi badan anak apabila dibandingkan dengan anak seusianya atau sederhanaya stunting merupakan sebutan bagi gangguan pertumbuhan pada anak.

Selanjutnya tambahan materi diberikan oleh perwakilan dari Pokja 4 PKK Kecamatan Sulang, disusul oleh perwakilan PLKB Kecamatan Sulang, selanjutnya dari perwakilan Balai Peyuluh Pertanian Kecamatan Sulang, dari Pendamping Desa Kecamatan Sulang serta perwakilan dari Puskesmas Sulang.

Acara terakhir yaitu penyampaian usulan dari para peserta yang hadir untuk perbaikan kondisi stunting kedepanya di Desa Karangsari ini.  

   

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Aparatur Desa

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung